Sabtu, 23 April 2011

My low budget traveling story



  Seorang Jeffri Minggar sangat menyukai kegiatan traveling terutama sejak kuliah di sebuah kampus di Depok. Bahkan bagian profil blogspot gw disitu tertera salah satu hobi gw adalah travelling demikian pula di FB dan Twitter juga ada kata-kata travel terselip diantara kata-kata film yang merupakan hobi utama gw. Tapi sayangnya sampai saat ini blm satupun tulisan soal travel yang pernah gw tulis. Entah karena setiap abis travel gw tepar krn kecapekan atau langsung larut dalam rutinitas sehari-hari begitu sampai Jakarta lagi. Gw ngerasa dosa gw menumpuk kepada Traveling krn ga sempet nulis artikel khusus hobi tercinta ini. Hingga akhirnya hari ini sabtu si jepri ditengah kekosongan waktu memutuskan untuk menebus dosa-dosanya kepada kata traveling dengan membuat kompilasi cerita travel gw dari 2009 sampe yg terakhir awal 2011. Inilah ceritanya...

PART 1

Januari 2009 = BANDUNG







  Ini pertama kalinya gw melakukan perjalanan sendiri, duit yg gw bawa Cuma 200rb untuk nginep di bandung 5 hari. Awalnya gw bingung liburan mo ngapain sampe akhirnya temen gw anak yg mantan anak sastra belanda, Daniel sms gw dan bilang klo irfan temen kuliah gw jg mo maen ke bandung minggu itu. Dengan uang seadanya brangkatlah gw ke st.Gambir naek Kreta Parahyangan (sekarang ud ga ada) dengan tiket 25rb untuk kelas bisnis. Yg lucu disini gw smpet ninggalin tas gw pas gw ud masuk kreta untungnya orang sebangku sm gw nanya: Mas Cuma bawa tas kecil doang?, baru gw langsung nyadar, larilah gw ke tempat gw duduk nunggu kreta tadi, dan untungnya tas item gede itu msh ada!,hehe. Selama 5 hari di bandung gw ngunjungin kampus ITB, mal PVJ, BIP mal, kwitangnya Bandung (gw lupa namanya tp banyak buku murah), pasar kaget Sabuga dan yg the best adalah Kawak Putih Ciwidey. Yg lucu waktu beli tiket masuk kita dibilangin sm mas2 yg jual tiket, jarak dari depan sampe ke kawah putih 6 km dan harus naek ojek or Angkot khusus ciwidey yg harganya 40 rb perorang. Tp dengan entengnya temen gw yg namanya daniel bilang kalo 6 km itu sebentar klo jalan, apalagi anak UI uda biasa jalan. Maka jalanlah kita sampe kira-kira 1 km sampe si mahluk batak itu (Daniel) nyerah dan bilang yauda naek angkot aj yuk, alhasil kita akhirnya naek angkot dengan tarif yg lebih murah 25rb perorang krn kita naek dari tengah. Secara keseluruhan pengalaman gw di Bandung cukup berkesan, selain cuacanya yg adem, jalan kaki di Bandung buat sightseeing jauh lebih enak daripada di Depok apalagi Jakarta dan harga jajanannya lumayan terjangkau yah pas lah buat para backpaker pemula.

Agustus 2009 = JOGJAKARTA





  Jujur ini perjalanan yg cukup tak terduga buat gw. Dari awal, sebenernya gw mo sendirian ke jogja krn gw uda penasaran bgt sama kota ini yg sering menghasilkan seniman2 bagus dan romantisme malioboro yg sering gw denger dari lagunya mas Katon Bagaskara. Tapi tiba2 ada seorang temen wanita yg ngotot pengen ikutan krn bosen ga ngapa2in dikosan. Dan akhirnya berangkatlah saya pertamakalinya bertualang berdua dgn seorang temen awewe yg sangat amat rock on kita sebut saja namanya poison. Kita berangkat dari stasiun senen naek Kreta Senja Utama dengan harga tiket 110 rb per orang lama perjalanan sekitar 8 jam. Kita nyampe di st. Tugu sekitar stngh 5 pagi dan begitu keluar stasiun disambut oleh tulisan JL. Malioboro dengan tulisan jawa dibawahnya. Kita nginep di losmen fadel di jalan sosrowijayan gak jauh dari malioboro, harga perkamarnya sehari 50rb. Selama 4 hari di jogja dan total pengeluaran sekitar 500rb, kita uda ngunjungin Candi borobudur, Pantai parangtritis, Keraton Jogja, Pemandian Sultan, Taman Pintar, Museum Vredeburg, nyobain pecel SGPC di UGM (band penghibur yg ad disini keren!), lapangan alun-alun (yg ada 2 beringin keramat trus kita bs lewatin dgn mata ditutup) dan pastinya Malioboro. Overall jogja asik banget buat wisata budaya tp sayangnya agak kumuh dan minim bgt transportasi disini walopun ud ad transjogja yg harganya cuman 3 ribu untuk keliling jogja jarak jauh tapi untuk transportasi jarak deket naek becak kyknya kemahalan apalagi klo naek becak yg di UGM yg maen tembak minta 25 ribu!. Oh ya satu lagi jgn lupa makan gudeg yg di jalan sosrowijayan, ayamnya enak empuk apalagi pake sambel krecek, maknyus!

Part 2 to be continued (Ujung Genteng, Bali, Malang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar