Minggu, 16 Februari 2014

Backpacking Singapore - Melaka - Singapore

Halo kawan! Perjalananan liburan kali ini gue memilih negeri yang terkenal dengan denda dan ketertiban masyarakatnya di Asia tenggara yaitu Singapore. Bermodal tiket tiger airways PP seharga 500 ribuan dan uang 250 SGD. Sabtu subuh tanggal 25 Januari, gue berangkat kesana bersama cewe gue Lian dan temen-temen gokil gue Holid, Inal dan Niza.

Hari Pertama

Kami tiba di bandara Changi jam 10 pagi waktu Singapore, yang lebih awal 1 jam dari WIB. Setelah sampai gue agak sedikit terpukau dengan fasilitas2 yang ada di Changi. Dari toilet-toilet yang bersih, tap water dimana-mana , mal transit, kebun-kebun buatan, wifi yang kenceng  sampe mesin pijet gratis yang ok banget! *loncat-loncat girang*.

Kebun buatan di dalam Changi

Abis kelilingin Changi kita turun ke bawah untuk naik MRT. Sebelum naik kita wajib doa sama sujud sukur biar keretanya cepet dateng dan ga usah bayar hehe gak deh becanda :p. Gue sama Lian beli tiket EZLink yang harganya 12 SGD yang isinya 7 SGD trus kita top up jd 17 SGD karena kita bakal pake itu selama 4 hari  dan EZlink  ini bisa dipake juga buat naik bis SBS.

Abis beli EZlink kita naik MRT ke Tanah Merah terus dari Tanah Merah kita lanjut ke Kranji. Selama di MRT kita sempat ngeliat orang-orang Indonesia yang lagi pada liburan kesini. Nyampe di Kranji kita lanjut naik bis SBS yang akan membawa kita menuju Terminal Larkin, Johor Baru. Pas di Woodlands kita disuruh turun untuk melewati imigrasi, dan yang bikin gue kaget karena orang-orang lari-larian begitu turun dari bus. Rupanya mereka takut ketinggalan bis SBS yang kita naikin tadi. Jujur gue juga masi bingung pas keluar bis kartu ezlink harus ditap apa nggak tapi gue sih tap-tap aja.

Ngecek stempel di Johor baru
  Pas keluar dari imigrasi, kita kebingungan karena bis SBS kita dah ga ada dan sempet liat bis lain warna kuning milik Malaysia yang nawarin kita naik tapi bayar lagi 7 RM tapi untungnya ga lama kemudian bis sbs yang lain lewat dan ternyata kita bisa naik bis sbs yang beda sama yang kita naikan tadi selama masi punya EZLink, Yiay. Jam 4 sore kita nyampe di Terminal Larkin. Karena udah kelaperan banget kita langsung makan aja tangan sama kuping supir bisnya hehe nggak lah kita makan di foodcourt terminal. Gue sama Inal makan nasi kandar kambing, Holid nasi lemak sementara Lian dan Niza makan dari tempat prasmanan gitu.

Terminal Larkin di Johor Baru

Jam 5 kita lanjut ke Melaka dengan Delima Express yang harganya 21 RM per orang. Lama perjalanan sekitar 4 jam dan begitu sampai Melaka Sentral ternyata Bis Panorama     ( bis transjakartanya melaka ) sudah ga beroperasi karena cuma sampe jam 8 malam. Kita pun naik taksi yang tarifnya langsung nembak 20 RM dan kata mereka taksi Melaka ga pake argo cuma Kuala Lumpur dan beberapa kota besar yang pake argo, ok sip.

Kena macet juga dimari :p

Selama di taksi gue sempet ngobrol sama abang supir taksi yang pake jersey Barcelona FC tentang sepakbola di Malaysia. Dan dia bilang sepakbola di Malaysia masih banyak yang skandal pengaturan skor karena dipengaruhi bandar judi, dan dia sendiri tidak minat nonton liga Malaysia hehe. Oh ya dan dia tau loh Eric Thohir orang Indonesia yang baru beli Intermilan! *Bangga*.

Melaka!

Di Melaka kita nginep di Sayangsayang Hostel. Per Orang bayar 32 RM dan kamar mandi di luar. Setelah menaruh barang kita keluar sebentar menikmati suasana malam di Melaka. Suasana kuno begitu terasa dengan banyaknya bangunan dan benteng2 dari abad 16 yang masih terawat baik disini, lengkap dengan sungai yang sesekali dilewati satu kapal kecil.

Mirip kota tua yak ?
Hari Kedua

Bangun tidur sehabis sarapan kita langsung menuju gereja Christchurch Melaka yang sering dibilang juga Gereja Merah. Dari Gereja merah kita lanjut menuju Mal Mahkota Pahlawan untuk menukar uang ke SGD , karena money changer yang ada sekitar hostel tutup pada sabtu-minggu. Ada satu bangunan yang menarik perhatian gue ketika kita jalan menuju Mal yaitu Menara Taming Sari. Harga untuk sekali naik 20 RM. Karena uang kita udah mulai menipis kita akhirnya melewatkan saja menara itu, dan gue nyesel banget! Haha.

Nyesel banget ga naik ini hehe

Jam 12 Kita Check out dari hostel menuju Melaka sentral dengan bis Panorama yang naiknya dari depan Gereja Merah dan cukup membayar 2 RM langsung ke supirnya. Di Melaka sentral kita beli tiket Delima Express yang langsung ke Singapore seharga 24 RM. Jam 5 sore kita berangkat dari Melaka menuju Singapore.

Depan Christ church gereja peninggalan Portugis
  Sesampainya di imigrasi Malaysia seperti biasa semua orang berlari dan masuk kembali ke bis. Tapi pas nyampe Imigrasi Singapore di Woodlands sesuatu terjadi sama gue. Mbak2 yang mau ngecap paspor gue, nanyain macem2 sama gue. Sampe nanya gue ke Singapore sama siapa aja, temen gue yang mana aja, selama 5 menitan lebih, kamfreeet! Dikira TKI illegal kali ya gue hehe. Sementara itu temen2 gue lewat2 aja dan ga ditanyain macem2 sama petugasnya. Nyampe Singapore kita langsung naek MRT menuju Bugis.

Cozy Corner Hostel
 Di Bugis kita nginep di Cozy Corner yang deket banget sama Bugis Junction, mal diatas stasiun MRT Bugis. Malam itu kita habiskan dengan berkeliling sekitar bugis dan makan Murtabak mutton porsi large, Mantappp.

Murtabaakkk
Hari Ketiga

Hari ini adalah hari yang paling gue suka. Kenapa? karena kita ke Universal Studioooos! Yeaaaah!. Kita beli tiket Universal di Jakarta seharga 60 SGD. Dan gue dapet info katanya kalo pegawai negeri dan Militer Singapore bisa dapet diskon sampe 50 persen buat beli tiket Universal. Yah kali aja diantara kalian ada yg punya temen tentara Singapore, lumayan diskonnya hehe.

Dari Bugis kita naik MRT ke Outram terus pindah line lanjut ke Harbourfront terus lanjut sentosa express dan turun di Waterfront station. Sekitar jam 11 siang kita nyampe di Universal Studio.

Wahana yang pertama langsung dicoba adalah Transformers Ride, wahana yang konon biaya pembuatannya mencapai US$ 100 Juta! dan paling muahal dibanding wahana yang lain. Ngantri wahana ini cuma 5 menitan karena masih sepi dan seruuuu abis!, gue akhirnya naik ini 2 kali.

Abis itu lanjut wahana special efeknya Steven Spielberg, disini kita kayak dibawa ke ruangan dimana kita bisa ngerasain efek badai, kapal jatuh, kebakaran sampe kapal nabrak. Terus lanjut The Mummy, wahana yang menurut gue paling bikin gue mual. Gerakan narik kebelakang terus jatuh ke bawah dengan kecepatan tinggi itu rasanya bikin roti panggang yang gue makan di hostel mau keluar dari perut.

Charlie Chaplin!
  Setelah mual2 dan liat souvenir yang lucu2 dan mahal kita lanjut makan siang. Karena punya voucher makan 10 dollar dari tiket masuk gue cuma bayar 1 dollar untuk paket burger dan french fries plus eskrim gratis paddle pop. Abis makan kita lanjut nyobain Madagascar yang rasanya kayak naik istana boneka trus lanjut ke Shrek 4D. Abis dari Shrek kita lanjut Jurassic park yang permainannya kayak arung jeram gitu. Awalnya gue ga begitu yakin ini bakal basah2 banget namun ternyata perkiraan gue meleset! Diantara 4 orang itu gue yang paling basah kuyup! Damnn. Dari Jurassic Park kita lanjut Sesame Street dan nyobain Transformers ride sekali lagi, biar puas :D. Jam 7 kita keluar Universal studio menuju Bugis untuk istirahat bentar selonjoran di hostel.

Depan wahana The Mummy, sumpah bikin mual haha
  Jam 8 kita makan malam Nasi Briyanni Mutton depan masjid Sultan seharga 6,5 SGD, rasanya enak dan porsinya juga guede. Kelar makan kita diajak Holid ke Marina Bay sands untuk ngeliat pertunjukan air "Wonder Full" yg keren banget dan adanya cuma jam 8 sama setengah 10 malam. Pertunjukannnya kayak nonton film tapi lewat medium air dan laser, keren!. Puas liat pertunjukan air keren, kita muter2 sama foto2 di sekitar Merlion Park. Sekitar Jam 11 kurang kita balik naik MRT dari City Hall ke Bugis. Kaki rasanya pegel banget dan begitu nyampe hostel gue langsung  tepar di kasur tapi puas dan seneng banget! :)

Marina Bay Sands at night
Hari Keempat

Saking pulesnya tidur gue bangun jam 9 dan buru-buru nguber sarapan gratis dimana Lian dan Niza uda nangkring disitu. Waktu kita balik lagi ke kamar, si uncle Cozy Corner udah ngingetin kita terus kalo check out jam 11. Jam 11.30 kita check out trus nitip ransel kita disitu karena mau beli oleh-oleh di bugis street dan Mustafa center. Pas kita jalan ke bugis street, Inal pamit cabut duluan karena dia beli tiket pulang yang jam 2 siang dan dengan bangganya dia bilang abis makan murtabak medium sendirian pas kita beres2 mau check out di kamar, kamfer lo nal hehe.

Di Bugis Junction
  Di Bugis street gue sama Holid berpisah sebentar sama Lian dan Niza karena ada yang mau kita liat2 dulu di Bugis Junction. Holid liat2 action figure di toko mainannya sementara gue nyari buku2 film di kinokuniya yang ternyata ga ada dan harusnyague ke kinokuniya store yang di orchard yang lebih lengkap bukunya.  Abis dari Bugis street kita lanjut ke Merlion Park buat foto2 bentar sama makan es krim uncle yang harganya cuma 1 dollar. Trus kita lanjut ke Mustafa Center untuk beli oleh2 coklat. Sekilas liat Mustafa center sih kayak Ramayana gitu malnya tapi harga2 coklat disini murah banget dan mereka buka 24 jam, wajib kesini lagi ntar hehe.

Ga terasa jam udah nunjukin jam 4.30 sore dan kita pun buru2 ke MRT station terdekat karena kita harus check in jam 18.20. Setelah sempet salah kereta akhirnya kita nyampe Changi jam 18.10, fiuhh. Lain kali harus berangkat lebih awal ni karena bandara Changi luas banget. Belum lagi kalo petugas bandara suka minta bongkar isi tas kita kalo ada benda yg menurut dia mencurigakan, yah 2 jam sebelum check in lah udah di bandara hehe. Jam 20.00 WIB kita akhirnya sampe di negeri carut marut tercinta tapi makanannya enak dan murah. Pecel lele, martabak, sate I’m comingggg.